Pembangunan Bendungan Bener Dimajukan Tahun Depan

PLTA Waduk Wadaslintang (http://miftakhularifin.blogspot.co.id)
PLTA Waduk Wadaslintang (http://miftakhularifin.blogspot.co.id)

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum berencana mempercepat pembangunan Bendungan Bener yang berlokasi di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Pembangunan yang semula dijadwalkan pada tahun 2018 akan dimulai pembangunannya atau groundbreaking pada akhir 2017. Demikian disampaikan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR), Tri Bayu Adji di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Disampaikan bahwa, saat ini desain bendungan sudah selesai, hanya perlu dilakukan penambahan pengujian untuk geologinya, dah diharapkan untuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Land Acquisition and Resettlement Action Plan  (LARAP) selesai tahun ini, kemudian dilakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk pembebasan lahan seluas 400 Ha yang sebagian besar merupakan lahan warga.  Sosialisasi kepada masyarakat terdampak juga telah dilakukan dan mendapat sambutan baik dari masyarakat, bahkan mereka menanti-nanti untuk segera direalisasikan pembangunannya. Pemindahan pemukiman masyarakat terdampak akan di fasilitasi oleh BBWS Serayu Opak sesuai arahan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bahwa dalam pembebasan lahan, masyarakat terdampak harus meningkat taraf hidupnya menjadi lebih baik.

Bendungan Bener yang diperkirakan akan menelan biaya konstruksi sebesar 1,2 Triliun Rupiah ini akan mempunyai manfaat mengairi lahan irigasi seluas 15.519 hektar, dan diharapkan jumlah panen dapat meningkat pada area irigasi eksisting seluas 13.579 hektar disamping menambah daerah irigasi baru seluas 1.940 hektar. Selain itu juga dapat menyuplai air baku untuk keperluan rumah tangga, kota dan industri sebesar 1.500 liter per detik ke 10 kecamatan di Kabupaten Purworejo, tiga Kecamatan di Kabupaten Kebumen dan dua Kecamatan di Kabupaten Kulon Progo. Bendungan tersebut juga mempunyai potensi menyuplai energi listrik sebesar 6 MW selain fungsi lainnya seperti perikanan, pariwisata dan konservasi DAS Bogowonto di bagian hulu.

Dengan direalisasikannya pembangunan Bendungan Bener, maka wilayah Kabupaten Purworejo akan disuplai oleh dua sumber air besar, setelah selama ini wilayah barat Purworejo mendapat pasokan air dari Waduk Wadaslintang.

(Sumber : http://pu.go.id)