SOLUSI AUTOCOMPLETE BERHENTI DAN GAGAL MENYIMPAN PADA SAAT MENGISI PUPNS

K640_DSCN0059Ya, disamping rutinitas pekerjaan kantor yang sudah menumpuk, para PNS sekarang juga sedang disibukkan dengan kewajiban melaksanakan PUPNS secara online melalui situs epupns.bkn.go.id. Saya yakin hampir semua PNS yang menginput PUPNS mengalami permasalahan seperti pada judul artikel ini. Oke, langsung saja ke pokok permasalahan. Ada dua permasalahan yang sangat menjadi kendala :
1. Pada saat sudah selesai menginput data-data yang diperlukan ketika mau disimpan tidak mau;
2. Pada form isian autocomplete (Kota kelahiran, Nama Sekolah dll.) seringkali hanya muter-muter tanpa berhenti.

Kedua permasalahan tersebut sebenarnya disebabkan karena pada saat kita mengisi data-data yang diperlukan, sistem me-logout sendiri tanpa kita minta. Hal inilah yang menyebabkan proses penyimpanan ataupun loading autocomplete berhenti tanpa ada informasi. Terkadang juga secara otomatis kembali ke menu login. Oke, kita langsung ke solusinya :

Kunci dari trik ini adalah : “Menggunakan tab tersendiri yang khusus digunakan untuk mengecek posisi, apakah masih tetap login atau sudah ter logout otomatis oleh sistem, dan jika sudah ter logout gunakan tab tersebut untuk login kembali tanpa merubah posisi tab utama (tab yg digunakan untuk input data). Sampai disini mungkin sebagian Sahabat sudah langsung memahami apa yang saya maksud. Oke, berikut rincian prosesnya :

1. Buka browser, masuk ke menu login pupns di https://epupns.bkn.go.id/login kemudian masukkan kode register dan sandi seperti biasa
2. Pada saat ada tawaran untuk menyimpan sandi, pilih Ya / Simpan untuk memudahkan proses karena nantinya kita akan sering login
3. Jika sudah berhasil login, kemudian klik kanan pada salah satu menu, misal pada menu Data Riwayat klik kanan kemudian pilih “Buka Tautan di Tab Baru”. Sekarang kita sudah mempunyai dua tab PUPNS pada browser yang keduanya pada posisi login.
4. Kembali ke tab pertama, misal kita mulai dari menu Data Utama, input semua data yang diperlukan. Setelah lengkap dan benar, jangan langsung di Simpan. Pergi ke tab kedua, klik di salah satu menu terserah, lalu akan ketahuan apakah sistem masih dalam posisi login atau sudah ter logout. Jika berhasil masuk ke menu yang kita klik berarti sistem masih login, jika kembali ke menu login itu tandanya sistem sudah ter logout. Lakukan proses login pada tab kedua tersebut.
5. Jika sudah dipastikan bahwa sistem dalam keadaan login, kembali ke tab pertama dan silahkan klik Simpan, insya Allah akan sukses tersimpan.
6. Hal ini juga berlaku ketika kita sampai pada isian autocomplete. Sebelum kita mengetikkan keyword, pastikan dahulu sistem dalam keadaan login. Jika sistem dalam keadaan login maka proses autocomplete berjalan dengan cepat, jika sistem sudah ter logout maka autocomplete hanya akan berproses tanpa henti.
7. Lakukan langkah tersebut pada semua menu-menu serta isian autocomplete yang ada pada PUPNS.

Nah, mudah bukan? Langkah tersebut akan semakin sempurna jika dieksekusi pada jam-jam sepi, seperti tengah malam atau sehabis subuh. Sekian semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba.

Bonus :
Trik ketika autocomplete terlanjur berproses dan tidak mau berhenti.
1. Klik kanan pada halaman yang sedang berproses autocomplete
2. Pilih Inspeksi Elemen
3. Cari kata block kemudian ganti dengan none lalu enter
4. Tutup Inspeksi Elemen
5. Lanjutkan proses input pupns

Baca juga TRIK MEMINIMALISASI GANGGUAN JARINGAN PUPNS