DINAS PENGAIRAN JUARA UMUM LOMBA PEMANFAATAN TIK

Petugas PDE bersama Sekretaris Dinas Pengairan memamerkan sejumlah trofi yang diraih
Petugas PDE bersama Sekretaris Dinas Pengairan memamerkan sejumlah trofi yang diraih

Dinas Pengairan Kabupaten Purworejo kembali mencatatkan prestasi. Kali ini di bidang insformasi dan teknologi (IT). Selasa, 17 September 2013, seusai upacara luar biasa di Halaman Setda, Dinas Pengairan dikukuhkan sebagai Juara Umum Lomba Pemanfaatan dan Pembudayan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Tahun 2013 timgkat Kabupaten Purworejo. Dengan demikian, Dinas Pengairan berhak mendapatkan Piala Bergilir dari Bupati Purworejo yang diserahkan oleh Sekretaris Daerah Drs. Tri Handoyo, MM. Piala tersebut pada tahun 2012 lalu dimenangkan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop).

Menururt Kabag Humas, Drs. Joko Saptono, Dinas Pengairan menjadi Juara Umum setelah memperoleh akumulasi nilai tertinggi dari dua kategori yang dilombakan. yaitu penilaian konten sub domain (website) serta penilaian terhadap Petugas Pengelola Data Elektronik (PDE) SKPD. Pada lomba sub domain (website), Juara I diraih Dinas Perindagkop (diperindagkop.purworejokab.go.id), Juara II Dinas Pertanian dan Kehutanan (dipertanhut.purworejokab.go.id) serta Juara III Dinas Pengairan (pengairan.purworejokab.go.id). Sedangkan untuk kategori lomba Petugas PDE, Juara I diraih oleh M. Faisol Reza, Amd. (Dinas Pengairan), Juara II Nandang Darma SSP (Dipertanhut) serta Juara III Fakhrudin Hidayat, Amd. (Diperindagkop).

Menurut beliau, lomba itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran jajaran pimpinan SKPD agar lebih peduli dengan pemanfaatan TIK di instansinya, serta bertujuan membangun semangat petugas PDE, Bakohumas dan Sekretaris/Kasubag TU di masing-masing SKPD, dalam memanfaatkan TIK dan mengelola website pada subdomain masing-masing.

Sedangkan Sekda Drs. Tri Handoyo, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penerapan TIK merupakan bentuk pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung aktivitas-aktivitas pemerintahan yang tentu saja bertujuan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. “Oleh karena itu tidak berlebihan kalau TIK dianggap sebagai tulang punggung reformasi birokrasi,” tandasnya.

Pada kenyataannya, masyarakat sudah mulai memanfaatkan subdomain pengairan.purworejokab.go.id untuk menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah terutama di bidang irigasi. Sebagian masyarakat menyampaikan keluhan terkait permasalahan irigasi di daerahnya, ada yang menyampaikan saran-saran, bahkan ada yang sekedar menyapa atau silaturahmi. Lebih luas lagi, konten sub domain Dinas Pengairan tidak jarang juga dimanfaatkan oleh kalangan akademi. Seperti pelajar yang mencari materi untuk mengerjakan tugas sekolah, mahasiswa yang mencari bahan untuk skripsi/tugas akhir, ataupun mereka yang sekedar ingin menambah wawasan dan pengetahuan. Hal ini tentu saja dikarenakan konten subdomain Dinas Pengairan juga berisi tentang informasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.