SAHAB ROBANI : SANG PENJAGA BENDUNG KEDUNGPUTRI

Halo, apa kabar para pemirsa, eh pembaca…
Rubik ‘keledek’ atau Kenal Lebih Dekat adalah rubik yang menyajikan sepak terjang para pegawai di lingkup Dinas SDA ESDM Kabupaten Purworejo dalam menjalankan tugasnya. Pengin tau? Pengin tau aja apa pengin tau banget? Ok, kalau diam bearti pengin tau banget. Langsung saja, cekidot.

SAHAB ROBANI:
SANG PENJAGA BENDUNG KEDUNGPUTRI

Hujan sangat lebat dan panjang yang mengguyur wilayah Purworejo, terutama Purworejo utara pada Jumat (28/12) sore hingga malam tadi mengingatkan kami kepada para penjaga bendung.  Pagi tadi, ketika berangkat kerja kami menyempatkan untuk mampir ke Bendung Kedungputri di Desa Trirejo, Kecamatan Loaono, Kabupaten Purworejo. Setelah mampir sejenak di rumah jaga, kami mendapatkan informasi bahwa Sang Penjaga Bendung sedang berada di Bendung yang terletak beberapa meter dari rumah jaga tersebut. Benar saja, sampai di Bendung kami menjumpainya sedang memutar beberapa tuas pintu air.

Sahab Robani sedang memutar salah satu pintu air di Bendung Kedungputri
Sahab Robani sedang memutar salah satu pintu air di Bendung Kedungputri

Sahab Robani, nama Sang Penjaga Bendung tersebut. Bendung Kedungputri yang merupakan sumber aliran utama Daerah Irigasi Kedungputri sudah dijaganya selama 14 tahun terakhir. Laki-laki kelahiran 2 September 1974 tersebut meneruskan perjuangan Bp. Pramono yang telah purna tugas pada tahun 1998. Dia menuturkan, semalam memang terjadi hujan yang cukup lebat dan panjang. Hujan yang dimulai sekitar pukul 5 sore, baru berakhir sekitar pukul 11 malam. Bahkan sampai lewat tengah malam masih gerimis. Akibatnya, air di bendung mulai meluap sekitar pukul 7 malam. Pagi tadi memang masih tampak tanda-tanda luapan air semalam, seperti alang-alang yang roboh tertimpa air serta sampah-sampah yang masih menyangkut di sekitar bendung. Ia mengisahkan, pernah suatu ketika sekitar tahun 2004, luapan air bahkan sampai permukaan jalan. Ada kisah lain, bahwa suatu ketika tinggi luapan air hampir mencapai setinggi pohon kelapa.

Rumah jaga Bendung Kedungputri yang ditempati Sahab Robani bersama keluarganya
Rumah jaga Bendung Kedungputri yang ditempati Sahab Robani bersama keluarganya

Bapak satu anak tersebut memulai menjaga bendung pada tahun 1998 sebagai tenaga harian, kemudian diangkat sebagai CPNS pada tahun 2005. Ia menempati rumah jaga yang berada beberapa meter di atas bendung. Berikut profil singkatnya:

Nama Lengkap
TTL
Alamat
NIP
Pangkat/Gol.
Pendidikan
Lokasi Pekerjaan
:
:
:
:
:
:
:
Sahab Robani
Purworejo, 2 September 1974
Dusun Sejiwan, Desa Trirejo, Kec. Loano, Kab. Purworejo
19740902 200701 1 010
Pengatur Muda Tk I – II/b
SMA (IPA)
Pintu Air Bendung Kedungputri

Demikian profil singkat Sang Penjaga Bendung Kedungputri, sampai jumpa pada profil Sang Penjaga Bendung lainnya.